5 Robot Berbentuk Hewan Paling Unik di Dunia

5 Robot Berbentuk Hewan Paling Unik di Dunia

Tahukah anda jika robot sebenarnya sudah ada sejak sebelum masehi. Sekitar tahun 400-350 sebelum masehi, seorang ahli matematika asal yunani bernama Archytas telah berhasil membuat robot bertenaga uap yang berbentuk merpati. Archytas yang juga dikenal sebagai bapak teknik mesin, membuat robot burungnya dari kayu.

5 Robot Berbentuk Hewan Paling Unik di Dunia

Robot ini kemudian digantung di sebuah btg poros serta dalam suatu titik, robot burung tersebut berhasil terbang sejauh 200 meter sebelum kehabisan uapnya.

Teknologi robot kemudian berkembang dari masa ke masa. Peradaban islam di era keemas jua tercatat telah menguasai teknologi yang sangat tinggi. Pada abad 13 masehi, dunia islam bahkan sudah menggenggam teknologi robot. Insinyur muslim di zaman kekhalifahan ketika ini telah mampu membangun robot mirip manusia. Pencapaian tadi sekaligus mematahkan klaim barat yang kerap menyebut Leonardo Da Vinci sebagai perintis teknologi robot.

Leonardo Da Vinci baru merancang robot pada tahun 1478 serta itu pun baru berbentuk desain. Sedangkan insinyur muslim yg sangat genius yaitu Al Jazari telah berhasil merancang serta membentuk aneka robot di awal abad ke-13. Atas dasar itulah warga sains terbaru menjuluki Al Jazari sebagai bapak robot.

Nah, kali ini kita akan mengulas berita menarik tentang sejumlah robot yang berbentuk hewan. Ingin tahu mirip apa, berikut lima Robot Berbentuk binatang Paling Unik yg dikutip asal unikgaul.Com:

1.Air Jellies, Robot Ubur-Ubur

Sebuah perusahaan teknologi di jerman, telah berhasil membangun sebuah robot unik berbentuk hewan bahari yaitu ubur-ubur. Robot yg dinamakan air jellies ini, selain bentuknya, sifat serta kemampuannya pun sama dengan hewan ubur-ubur yang dapat kita jumpa pada bahari. Robot ini bisa melakukan gerakan yang terorganisir secara bersama-sama pada satu grup dan menyerang targetnya. Uniknya, robot ubur-ubur ini tak hanya mempunyai kemampuan berenang namun juga bisa terbang.

5 Robot Berbentuk Hewan Paling Unik di Dunia

Robot ini memiliki bentuk tubuh primer mirip balon, lengkap menggunakan delapan tentakel. Agar bisa berkecimpung bebas di ruang tiga dimensi, tubuh robot ini diisi helium sehingga bisa mengambang pada air. Tentakel robot ini bisa berkecimpung dengan energi berasal motor listrik. Tentakel ini bertugas menjadi penggerak air jellies di udara sinkron prinsip peristaltik propulsi.

Air jellies ini juga memiliki tentakel yang tidak selaras menggunakan ubur-ubur asli. Uniknya, tentakel tersebut didesain sesuai sirip ikan. Agar bisa berkecimpung, pendulum di pada air jellies menggeser pusat massa. Mirip dilansir talking science, festo memakai prinsip gerak pada air yg akan diterapkan pada transportasi udara yang selama ini menjadi pusat perhatian ilmuwan global.

Keliru seseorang pimpinan di festo mengatakan, apakah mungkin prinsip propulsi ubur-ubur pada air dipergunakan di benda terbang?. Mungkinkah suatu benda melayang pada udara seperti ubur-ubur berenang pada air?. Pemikiran itulah lalu yang menjadi dasar terciptana air jellies.

2. Robot Penguin

Perusahaan teknologi festo pada jerman ternyata tidak hanya berhasil membangun air jellies atau robot ubur-ubur. Perusahaan ini pula sudah memamerkan karya lainnya yaitu robot penguin. Robot yang telah ditampilkan di pameran pada hanover messe trade exhibition ini, mempunyai bentuk yg sangat mirip menggunakan hewan penguin asli. Sebenarnya tidak hanya bentuk, prilaku serta suaranya pun sama dengan binatang aslinya. Perbedaannya hanya di daya tahan robot ini yang lebih bertenaga, kemampuan berenang yg lebih cepat serta dapat bekerja secara berkelompok.

5 Robot Berbentuk Hewan Paling Unik di Dunia

Beberapa saat lalu, bbc one yg populer menggunakan chanel dokumenternya pernah menggunakan robot ini buat proses peliputan eksklusif pada sekumpulan koloni penguin. Hal itu dilakukan supaya bbc one bisa menerima gambar yg sahih-benar konkret. Selain menempatkan kamera pada robot penguin yang sebagai mata-mata, bbc one pula menyimpan beberapa kamera kecil di beberapa titik yg tidak terjangkau dan terjamah oleh penguin.

Supaya di saat melakukan penyamarannya tidak mengalami gangguan dan kerusakan, robot penguin dilengkapi dengan sensor 3d sonar yg berguna buat menghindari gesekan menggunakan penghalang atau binatang aslinya. Sensor ini pula berguna buat memonitor keadaan di sekelilingnya. Hebatnya lagi, robot penguin ini tidak hanya dilengkapi menggunakan kemampuan berenang, namun mampu jua terbang. Robot ini diisi menggunakan bahan helium.

3.Robot Beruang

di era teknologi terkini saat ini, Jepang adalah galat satu negara yg paling acapkali dan kreatif pada membentuk robot. Baru-baru ini terbesit fakta wacana kehadiran robot beruang imut yg mampu mengangkat manusia. Perusahaan robot ri-man merupakan pihak yang menciptakan robot contoh baru tersebut. Robot yg diberi nama riba, kependekan asal robot for interactive body assitance, mempunyai tampilan yang sangat mirip menggunakan beruang namun tidak dilengkapi gigi serta cakarnya yg khas. Beban yg bisa diangkat oleh robot ini bisa mencapai 235 kilogram.

5 Robot Berbentuk Hewan Paling Unik di Dunia

Selain robot beruang riba, di Jepang jua terdapat robot beruang lain yg diberi nama jukusui-kin. Bedanya, robot ini diciptakan sebagai bantal tidur buat mengatasi dengkuran seorang. Robot ini akan langsung bereaksi Bila mendengar dengkuran keras dengan menggerakan tangannya buat menjangkau ketua orang yang tidur pada atasnya. Robot ini mendorong kepala orang yang tidur hingga berubah posisi dan berhenti mendengkur.

Masih pada Jepang, sebuah robot yang bernama fujitsu teddy bear pula sudah diciptakan buat menemani mereka yang kesepian. Robot ini bisa dijadikan menjadi teman bermain sebab dilengkapi dengan 300 gerakan dan 12 motor pada dalamnya. Menggunakan perangkat teknologi tadi, robot ini bisa menggerakan anggota badan mulai berasal kepala , leher, kaki, tangan dan lainnya. Bukan hanya itu, robot teddy bear ini juga dilengkapi menggunakan 13 sensor.

4.Robot Ikan Pendeteksi Polusi

Ilmuwan inggris beberapa waktu lalu telah berhasil menyebarkan temuan baru, yaitu robot ikan yg dirilis di bahari utara spanyol untuk mendeteksi polusi. Jika akibat percobaan 5 robot ikan pertama yg berenang pada laut spanyol berhasil, maka mereka berharap robot-robot ikan itu bisa dimanfaatkan pula di sungai, danau serta laut semua global. Robot berbentuk ikan air tawar tersebut dijual menggunakan harga lebih kurang 29.000 dolar amerika atau mencapai 270 juta rupiah.

5 Robot Berbentuk Hewan Paling Unik di Dunia

Robot ini diciptakan menggunakan mimik muka dan gerakan yang sama menggunakan ikan sesungguhnya. Robot ini jua dilengkapi dengan sensor buat mencium polutan berbahaya, mirip kapal besar pengangkut barang yang mengalami kebocoran atau pipa di bawah air. Yang akan terjadi isu sensor kimia berasal robot ikan tadi akan ditransmisikan pulang ke bagian atas menggunakan teknologi wi-fi. Tidak seperti robot ikan sebelumnya yg wajib menggunakan remote control, robot ikan kali ini dapat menavigasikan tubuh mereka secara bebas tanpa ada hubungan menggunakan insan.

Seorang ilmuwan peneliti senior di perusahaan bmt group, sekaligus pengembang asal robot ikan ini yang bernama rory doyle mengatakan, ada alasan bagus buat membuat robot menggunakan bentuk ikan ini daripada bentuk kecil submarine konvensional lainnya. Denban memakai robot ikan, pihaknya menciptakan desain yg bisa berhemat tenaga. Efisiensi tenaga artinya sesuatu yg dibutuhkan buat memastikan bahwa sensor pendeteksi polusi bisa digunakan pada lingkungan bawah air selama berjam-jam.

5.Robot burung kolibri

di tahun 2012 kemudian, peneliti asal pentagon telah berhasil menyebarkan robot burung kolibiri. Tujuan diciptakannya robot burung itu ialah buat kepentingan mata-mata angkatan bersenjata amerika perkumpulan. Robot ini dirancang sang aerovirontment menggunakan dana dari darpa. Robot ini mampu terbang maju, mundur, menyamping serta memutar searah jarum jam maupun berrlawanan arah.

5 Robot Berbentuk Hewan Paling Unik di Dunia

Tidak hanya dibuat menyerupai burung kolibri yang sesungguhnya, robot ini jua manlu terbang menyerupai burung tersebut. Ukuran robot ini sendiri lebih kurang hanya 6,lima inci buat lebar dan berat 19 gram. Menjadi perangkat mata-mata, robot burung ini bentuknya sangat menguntungkan sebab bisa terbang di dekat obyek dengan tidak mencurigakan.

Waktu ini, robot burung kolibri bisa terbang kurang lebih delapan mnt. Hal ini cukup mengesankan mengingat di dua tahun lalu prototypenya hanya bisa terbang selama 20 dtk. Ketika itu para periset belum puas serta mereka ingin terus berbagi robot pengintai itu agar lebih praktis dikendalikan pada misi pengintaian yg kompleks dan sulit.

Dunia teknologi robot ternyata sudah sangat jauh berkembang dan dipergunakan aneka macam kepentingan insan, mulai dari keamanan, lingkungan sampai kehidupan sosial.