Penemuan Wajan Raksasa Kuno Hebohkan Warga Kutoarjo, Ada yang Tahu Buat Menggoreng Apa?

Kita pasti sudah tahu bagaimana bentuk dan ukuran wajan. Yap, wajan adalah alat dapur yang digunakan untuk menggoreng. Tapi di Kutoarjo telah ditemukan wajan yang terkubur di tanah dengan ukuran yang tidak biasa.

Penemuan Wajan Raksasa Kuno Hebohkan Warga Kutoarjo, Ada yang Tahu Buat Menggoreng Apa?

Warga Kecamatan Kutoarjo dihebohkan dengan penemuan wajan raksasa pada (29/04/2016). Pawit Haryanto, 40 adalah orang yang pertama kali menemukan wajan raksasa tersebut.

Wajan itu memiliki diameter 270 sentimeter (cm) dan memiliki ukuran cekungan sepanjang 90 cm. Pawit Haryanto menceritakan, pagi itu dia seperti biasa bekerja sebagai kuli bangunan di rumah milik Widodo di Jalan MT Haryono atau tepatnya di sebelah utara SD Nasional Kutoarjo.


Pawit mendapatkan tugas pagi itu menggali tanah untuk lubang membuat fondasi. "Belum ada 1 meter, saya menggali tanah itu, tiba-tiba cangkul yang saya gunakan membentur benda keras dan mengeluarkan suara keras. Awalnya, saya pikir membentur batu di dalam tanah. Tapi setelah saya amati dan saya raba dengan tangan ternyata benda itu seperti besi yang lebar," ujar Pawit.

Saat itu dia mencoba dengan tangan mengeluarkan benda tersebut namun upayanya tidak berhasil. Akhirnya, dibantu temannya mencoba mengeluarkan benda itu. Mereka sangat terkejut karena bentuknya bulat dan lebar. Setelah berhasil diangkat dari tanah, akhirnya diketahui benda itu adalah wajan berukuran raksasa.

Pemilik rumah Widodo mengaku tidak tahu menahu asal benda mirip wajan berukuran besar itu. Widodo hanya menceritakan membeli rumah itu sekitar 10 tahun lalu dari seorang warga keturunan Tionghoa. "Saya tidak tahu asal wajan itu. Tahunya ya barusan saat pekerja saya menggali tanah untuk fondasi ternyata ada wajannya," kata Widodo. Selain wajan, ditemukan pula tungku untuk perapian di dalam tanah.


Diperkirakan benda-benda itu adalah peninggalan pabrik zaman dahulu. Selanjutnya oleh Widodo rencananya wajan dan tungku api temuan itu akan diberikan kepada kakaknya berprofesi sebagai kolektor barang antik. "Biar disimpan kakak saya saja. Kebetulan dia juga suka mengoleksi benda-benda kuno," kata Widodo.

Penemuan Wajan Raksasa Kuno Hebohkan Warga Kutoarjo, Ada yang Tahu Buat Menggoreng Apa?

Besar sekali kan guys, menurut kalian wajan raksasa ini dibuat menggoreng apa ya? Semoga bermanfaat.

Sumber : wajibbaca.com